Kamis, 11 April 2013

GAMBARAN IBU MELAKUKAN PENYAPIHAN ANAK KURANG DARI 2 TAHUN


DRAFT PROPOSAL

GAMBARAN IBU MELAKUKAN PENYAPIHAN ANAK KURANG DARI 2 TAHUN




Oleh :
Anis Nurul Laili
(12-700-0024)





PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN
UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA
2013-2014




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas proposal dengan judul “Gambaran Ibu Melakukan Penyapihan Anak Kurang Dari 2 Tahun”
Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas Metode Penelitian dan Statistik Dasar Semester II tahun 2013
Dalam membuat proposan ini saya mendapat bimbingan dan dukungan dadri berbagai pihak, oleh karna itu saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.      Ibu Sumiati, S.Kep., Ns., M.Kes., selaku direktur Program Studi D-III Kebidanan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
2.      Bapak DR. Drs. Rufi’i, Ssi., ST., MPd selaku pembimbing dalam pembuatan proposal ini.
3.      Bapak, Ibu yang telah membesarkan dan selalu memberi dorongan kepada saya.
4.      Kakakku (Nila, Aris,Harry) tercinta yang selalu memberikan semangat.
5.      Teman-teman yang seperjuangan yang telah membantu dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah.
Semoga dukungan dari semua pihak dapat memperoleh balasan dari ALLAH SWT dan semoga proposal ini bermanfaat bagi para pembaca.

Surabaya, 4 April 2013
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i
KATA PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR ISI......................................................................................................... iii
DAFTAR TABEL................................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR........................................................................................... vii
DAFTAR ARTI LAMBANG DAN SINGKATAN.......................................... viii
BAB I      PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang........................................................................................ ...... 1
1.2.       Rumusan Masalah................................................................................... ...... 2
1.3.       Tujuan Penelitian..................................................................................... ...... 2
1.3.1.    Tujuan Umum.................................................................................. ...... 2
1.3.2. Tujuan Khusus................................................................................. ...... 2
1.4.       Manfaat penelitian.................................................................................. ...... 2
1.4.1.    Bagi Peneliti..................................................................................... ...... 2
1.4.2  Bagi Profesi...................................................................................... ...... 3
1.4.3  Bagi Institusi.................................................................................... ...... 3
BAB II    TINJAUAN PUSTAKA
2.1       Air Susu Ibu (ASI).................................................................................. ...... 4
2.1.1     Pengertian ASI................................................................................. ...... 4
2.1.2     Kandungan gizi ASI........................................................................ ...... 4
2.1.3     Keuntungan pemberian ASI............................................................ ...... 6
2.1.4     Akibat bila bayi tidak diberi ASI..................................................... ...... 7
2.1.5     Akibat bila ASI diganti susu formula.............................................. ...... 7
2.1.6     Status gizi yang tidak mendapatkan ASI........................................ ...... 8
2.1.7     Mengenal ASI eksklusif................................................................... ...... 9
2.1.8     Anjuran pemberian ASI hingga 2 tahun.......................................... .... 10
2.2       Penyapihan.............................................................................................. .... 11
2.2.1     Pengertian........................................................................................ .... 11
2.2.2     Dampak penyapihan dini................................................................. .... 11
2.2.3     Proses penyapihan............................................................................ .... 12
2.2.4     Bahan makanan sapihan................................................................... .... 13
2.2.5     Makanan sapihan yang ideal harus mengandung............................. .... 13
2.2.6     Tips - tips agar proses penyapihan berjalan baik.............................. .... 14
2.3       Makanan tambahan................................................................................. .... 14
2.4       Alasan ibu melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun................. .... 14
2.4.1     Pengetahuan..................................................................................... .... 15
2.4.2     Pendidikan....................................................................................... .... 17
2.4.3     Pekerjaan.......................................................................................... .... 18
2.4.4     Ekonomi........................................................................................... .... 18
2.5       Variabel bebas dan Terikat...................................................................... .... 19
BAB III   KERANGAK KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS
3.1  Kerangka konseptual penelitian................................................................. .... 20
BAB IV   METODE PENELITIAN
4.1       Desain penelitian..................................................................................... .... 21
4.2       Waktu dan tempat penelitian.................................................................. .... 21
4.3       Kerangka penelitian................................................................................ .... 21
4.4       Deskripsi populasi dan sample................................................................ .... 22
4.4.1      Deskripsi populasi peneliti............................................................... .... 22
4.4.2      Deskripsi sample peneliti.................................................................. .... 23
4.5       Identifikasi dan definisi operasional variabel......................................... .... 23
4.6       Definisi operasional variabel................................................................... .... 23
4.7       Pengumpulan data dan analisis data....................................................... .... 23
4.7.1      Instrumen penelitian......................................................................... .... 23
4.7.2      Pengumpulan data............................................................................ .... 23
4.7.3      Analisis data......................................................................................... 24
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... 25



DAFTAR TABEL
Tabel 2.1       Perbandingan Komposisi Nutrisi Dalam Kolustrum, ASI dan
                     ASS.................................................................................................... 7
Tabel 2.1       Rumus perkiraan berat badan............................................................ 9
Tabel 2.3       pola campur makanan sapihan......................................................... 14



DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1   Kerangka Konsep Penelitian Gambaran Penyapihan Anak
                      Kurang dari 2 Tahun                        19
Gambar 4.1   Kerangka Penelitian Gambaran Ibu Melakukan Penyapihan
                     Anak Kurang dari 2 Tahun.............................................................. 22



DAFTAR ARTI LAMBANG DAN SINGKATAN
DAFTAR ARTI LAMBANG
%                     : prosentase
=                      : sama dengan

DAFTAR ARTI SINGKATAN
NIM                : Nomor Induk Mahasiswa
ASI                 : Air Susus Ibu
SDKI              : Demokrasi Kesehatan Indonesia
Depkes            : Departemen Kesehatan
G                     : Gram
PASI               : Pengganti Air Susu Ibu
Kec.                : Kecamatan





BAB I
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
ASI atau yang di sebut Air Susu Ibu susu yang di produksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat. (wikipedia.com, diakses pada tanggal 4 april 2013)
   ASI juga wajib di berikan kepada sejak anaknya lahir, saat memasuki 6 bulan bayi baru diperkenalkan pada makanan pendamping ASI sedangkan ASI tetap diteruskan sampai anak berusia 2 tahun.
Menyapih adalah suatu proses berhentinya masa menyusui secara berangsur-angsur atau sekaligus (Ana Fitria, 2007). Proses tersebut dapat disebabkan oleh berhentinya sang anak dari menyusu ibunya atau bisa juga berhentinya seorang ibu untuk menyusui anaknya atau bisa juga keduanya. Masa menyapih ini merupakan pengalaman emosional bagi sang ibu, anak, juga sang ayah. Karena ketiga pihak tersebut merupakan ikatan kesatuan yang tidak boleh di lupakan ( http://asuhan.wikia.com/wiki/menyapih)
Namun saat ini banyak para ibu yang tidak memberikan ASI ekslusif selam 2 tahun dengan berbagai alasan, biasanya alasan tersebut adalah karna si ibu wanita karir yang mana si ibu merasa tidak mempunyai waktu untuk menyusuinya, dan menitipkan kepada kakek neneknya ataupun, padahal ASI tersebut dapat melindungi bayi misalnya dari resiko infeksi akut seperti diare, telinga influenza, atau yang lainnya.
Keputusan berhenti menyusui adalah pilihan masing-masing ibu. Usia menyapih biasanya 2 tahun, namun ada juga yang sampai 4 tahun atau lebih. Menurut beberapa penelitian komposisi ASI terus berubah hingga anak usia 2 tahun dan masih tetap mengandung nutrisi penting yang berguna untuk membangun system kekebalan tubuh anak.
Gencaran promosi susu formula menjadi penyebab menurunnya jumlah bayi yang mendapat Air Susu Ibu (ASI) secara ekslusif.
Hasil penelitian yang dilakukan di Biro Konsultan Anak di Rumah Sakit UGM Yogyakarta tahun 1976 menunjukkan bahwa anak yang disusui sampai dengan satu tahun 50,6%. Sedangkan data dari Survey Demokrasi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 1991.
Bahwa ibu, yang memberi ASI pada bayi 0-3 bulan yaitu 47% di perkotaan dan 55% di pedesaan (Depkes 1992) dari laporan SDKI tahun 1994 menunjukkan bahwa ibu-ibu yang memberikan ASI ekslusif kepada bayinya mencapai 47%
sedangkan pada repelita VI ditargetkan 80% (Arifin Siregar, 2004)
1.2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana gambaran ibu melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun di desa Y?
1.3.       Tujuan Penelitian
1.3.1.    Tujuan Umum
            Mengetahui gambaran tentang ibu melakukan penyapihan anaknya kurang dari 2 tahun di desa Y.           
1.3.2.   Tujuan Khusus
a.       Diketahui gambaran ibu yang melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun dilihat dari pengetahuan.
b.      Diketahui gambaran ibu yang melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun dilihat dari karakteristik ibu (pendidikan, ekonomi, dan pekerjaan).
Diketahui gambaran ibu yang melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun dilihat dari status gizi anak
1.4.       Manfaat penelitian     
1.4.1        Bagi Peneliti
Sebagai informasi untuk penelitian selanjutnya.

1.4.2        Bagi Profesi
Sebagai informasi untuk bila ada penelitian berkelanjutan oleh profesi sejawat lainnya.
1.4.3        Bagi Institusi
Sebagai bahan pembelajaran bahwa setiap bayi harus tetap di rawat oleh ibunya dan jika ingin di sapih maka harus bisa melihat karakteristik bayi tersebut, apakah bisa di lakukan penyapihan atau tidak.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1  Air Susu Ibu (ASI)
2.1.1      Pengertian ASI
ASI adalah suatu emulsi lemak  dalam larutan protein, laktosa, dan garam-garam organik yang disekresi oleh kedua belah kelenjar payudara ibu. Sebagai makanan utama bagi bayi (Soetjiningsih, 1997)
Pada minggu bulan terakhir kehamilan, kelenjar-kelenjar pembuat ASI mulai menghasilkan ASI. Apabila tidak ada kelainan, pada hari pertama sejak bayi lahir akan dapat menghasilkan 50-100 ml sehari dari jumlah ini akan terus bertambah sehingga mencapai sekitar 400-450 ml pada waktu bayi mencapai usia minggu kedua. Jumlah tersebut dapat dicapai dengan menyusui bayinya selama 4-6 bulan pertama. (MHD. Arifin Siregar).
ASI merupakan sumber nutrisi yang terbaik bagi bayi karena kandungan gizinya lengkap dan seimbang, temperaturnya sesuai dengan yang dibutuhkan bayi.
Komposisi nutrien dalam ASI sangat ideal untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, ASI mudah diperoleh, tersedia 24 jam penuh dan tidak perlu biaya. ASI juga melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi seperti diare dan muntah, infeksi telinga dan melindungi bayi dari alergi. (Pujiarto, 2005)

2.1.2      Kandungan Gizi ASI
ASI merupakan makanan yang paling ideal bagi bayi karena mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi. Unsur Nutrisi ASI
1.      Hidrat Arang
Zat hidrat arang dalam ASI dalam bentuk laktosa yang jumlahnya akan berubah-ubah setiap hari menurut kebutuhan tumbuh kembang bayi. Misalnya hidrat arang dalam kolostrum untuk setiap 100 ml ASI adalah 5,39 gr, dalam ASI peralihan 6,24 gr. ASI hari ke-9 6,7 gr, ASI hari ke-30 79, ASI minggu ke-34 7,11 gr. Rasio jumlah laktosa dalam ASI dan PASI adalah 7 : 4
yang berarti ASI terasa nutrisi yang vital untuk pertumbuhan sel saraf otak dan pemberi kalori untuk kerja sel-sel saraf, memudahkan penyerapan kalsium, mempertahankan faktor bifidus di dalam usus dan mempercepat pengeluaran kolostrum sebagai antibodi bayi.
2.      Protein
Protein dalam ASI jumlahnya lebih rendah dibanding protein dalam ASS (air susu sapi). Protein ASI merupakan bahan baku untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Protein ASI sangat cocok karena unsur protein di dalamnya hampir seluruhnya terserap oleh sistem pencernaan bayi. Hal ini disebabkan oleh protein ASI merupakan kelompok protein whey (protein yang bentuknya lebih halus). Sedangkan komposisi protein yang ada dalam ASS (air susu sapi) adalah kelompok kasein yang kasar, bergumpal, dan sangat sukar dicerna oleh usus bayi.
Perbandingan protein unsur whey dan kasein dalam ASI adalah 60 : 40 sedangkan dalam ASS 20 : 80 artinya protein pada ASS hanya 1/3 nya protein ASI yang dapat diserap oleh sistem pencernaan bayi dan harus membuang dua kali lebih banyak protein yang sukar diresorpsi dan harus dikeluarkan dari sistem pencernaan yang tentunya akan menimbulkan gangguan metabolisme, membebani sistem pencernaan usus bayi.
3.      Lemak
Selain jumlahnya yang mencukupi, jenis lemak yang ada dalam ASI mengandung lemak rantai panjang yang merupakan kebutuhan sel jaringan otak dan sangat mudah dicerna serta mempunyai jumlah yang cukup tinggi. Kadar lemak dalam sumber asam lemak yang esensiil.
4.      Mineral
ASI mengandung mineral yang lengkap walaupun kadarnya relatif rendah, tetapi cukup untuk bayi sampai umur 6 bulan. Zat besi dan kalsium di dalam ASI merupakan mineral yang sangat stabil dan jumlahnya tidak dipengaruhi oleh diet ibu. Walaupun jumlah kecil tidak sebesar dalam susu sapi tapi dapat diserap secara keseluruhan di dalam usus bayi. Berbeda dengan ASS yang jumlahnya tinggi tetapi sebagian besar harus dibuang melalui sistem urinaria maupun pencernaan karena tidak dapat dicerna. Kadar mineral yang tidak diserap akan memperberat kerja usus bayi untuk mengaluarkan, mengganggu keseimbangan dalam usus bayi, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri merugikan yang akan mengakibatkan kontraksi usus bayi tidak normal sehingga bayi kembung, gelisah karena obstipasi atau gangguan metabolisme.
5.      Vitamin
ASI mengandung vitamin yang lengkap, vitamin cukup untuk 6 bulan sehingga tidak perlu ditambah kecuali vitamin K karena bayi baru lahir ususnya belum mampu membentuk vitamin K. Oleh karena itu perlu tambahan vitamin K pada hari ke-1, 3 dan 7. vitamin A, D dan C cukup sedangkan golongan vitamin B, kecuali ribo flafin dan asam pantothenik adalah kurang. Tetapi tidak perlu di tambah karena kebutuhan bayi akan dicukupi oleh makanan yang dikonsumsi ibu menyusui. (Sri Purwanti, 2004)

2.1.3        Keuntungan Pemberian ASI
Keuntungan-keuntungan yang diperoleh dari ASI yaitu :
1.      ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi
2.      Zat gizi dalam ASI mudah dicerna bayi
3.      ASI bersifat steril (tidak mengandung kuman)
4.      Selalu segar, tidak pernah basi
5.      Produksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi
6.      Selalu tersedia dengan suhu yang optimal
7.      Mengandung zat-zat anti terhadap kuman tertentu, sehingga bayi tidak mudah mendapat infeksi
8.      Bahaya alergi tidak ada
9.      ASI mempererat hubungan batin ibu-bayi
10.  Dan lain-lain






Tabel 2.1               Perbandingan komposisi nutrisi dalam kolostrum, ASI dan ASS (air susu sapi)
UNSUR GIZI
KOLOSTRUM
ASI
ASS
Air (g)
-
88
88
Laktosa (g)
5,3
6,8
3
Protein (g)
2,7
1,2
3,3
Lemak (g)
2,9
3,8
3
Laktobulin
-
1,2
3,1
Asam Linoleat (g)
-
8,3
1,6
Natrium  (mg)
92
15
1,6
Kalium (g)
55
55
138
Klorida (g)
117
43
103
Kalsium (g)
31
33
125
Magnesium (g)
4
4
12
Fosfor (g)
14
15
100
Zat Besi (g)
0,09
0,15
0,1
Vitamin A
89
53
34
Vitamin D
-
0,03
0,06
Titamin
15
16
43
Riboflavin
30
43
157
Asam Nikotinat
75
172
85
Asam Askorbat
4,4
4,3
1,6
Folasin
-
-
-
Laktofenin
-
-
-
Lisozim
-
-
-
Taurin
-
40
-
              Sumber : Hubertin Sri Purwanti S.SIT, 2004

2.1.4        Akibat bila bayi tidak diberi ASI
1.      Bayi tidak memperoleh zat kekebalan tubuh, sehingga mudah mengalami sakit
2.      Bayi tidak mendapat makanan yang bergizi dan berkualitas tinggi sehingga akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan kecerdasannya.
3.      Hubungan kasih sayang bayi dan ibu tidak terjalin secara dini
(Depkes RI, 2005).

2.1.5        Akibat bila ASI diganti dengan susu formula
1.      Kemungkinan terjadi pencemaran sehingga bayi mudah terserang infeksi, misalnya : diare, batuk, pilek, radang tenggorokan, demam, dsb.
2.      Kemungkinan terjadi kekeliruan pengenceran, sehingga beresiko yang sangat tidak menguntungkan bayi, misalnya bayi susah buang air besar atau mencret,
3.      Perlu biaya mahal untuk membeli susu dan perlengkapan lainnya (Depkes RI, 2005).

2.1.6        Status gizi yang tidak mendapatkan ASI
Status gizi adalah ekspresi dari keadaan seimbangan dalam bentuk variabel tertentu, atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel tertentu. (Setiabudi,2007).
Bayi yang tidak mendapat ASI beresiko kekurangan gizi, lantaran selain tidak dilengkapi oleh kekebalan, susu formula dibuat dengan takaran yang mungkin belum tentu seluruhnya sesuai dengan kebutuhan bayi (Nadesul, 2007).
Resiko anak kekurangan gizi umumnya baru terjadi setelah anak mulai mendapat makanan pendamping ASI, dan minum susunya sudah berkurang (Nadesul, 2007).
Masa bayi mulai disapih merupakan masa-masa rawan gizi. Bila makanan pendamping ASI tidak memadai, kurang takaran dan tidak lengkap kandungan gizinya, selain berat badan tidak sesuai dengan pertambahan umurnya, tubuhnya berisiko kekurangan sejumlah zat gizi (Nadesul 2007).
Untuk melakukan penilaian pertumbuhan anak secara teratur melalui penimbangan setiap bulan di Posyandu atau ditempat pelayanan kesehatan lain, yaitu dengan pengisian kartu menuju sehat (KMS) yang digunakan untuk penilaian status.
Cara membaca catatan KMS :
                   -            Di bawah garis merah
Artinya anak kurang gizi tingkat sedang dan berat (anak kurang gizi tingkat berat tidak dapat di identifikasi dengan KMS)
                   -            Pada daerah dua pita warna kuning ( di atas garis merah)
Artinya anak kurang gizi ringan
                   -            Dua pita warna hijau tua di atas pita kuning
Artinya anak dengan berat badan normal/ baik
                   -            Empat pita ( 2 pita warna hijau muda di tambah 2 pita warna kuning ) dan selebihnya di atas pita warna hijau tua
Artinya anak mempunyai kelebihan berat badan. ( Dinkes Propinsi Lampung, 2002)
a.       Naik Bila
·         Garis pertumbuhannya naik mengikuti salah satu pita warna
·         Garis pertumbuhannya pindah kepita warna diatasnya
Balita tumbuh sehat bila BB-nya naik setiap bulan sesuai dengan garis pertumbuhannya. Misalnya : Titik BB yang semula ada pada pita hijau akan naik setiap bulan mengikuti alur pita hijau tersebut. Demikian pula titik berat badan semula ada pada pita kuning akan naik setiap bulan mengikuti alur pita kuning.
b.      Tidak naik bila
·         Garis pertumbuhannya menurun
·         Garis pertumbuhannya mendatar
·         Garis pertumbuhannya naik tetapi pindah kepita warna dibawahnya. (Dinkes RI, 2006)
KMS yang diedarkan Depkes RI sebelum tahun 2000, garis merah pada KMS bukan merupakan pertanda gizi buruk, melainkan garis kewaspadaan.
Apabila berat badab balita tergelincir dibawah garis ini, petugas kesehatan harus melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap indikator antropometik lain (Arisman, 2004).
Tabel 2.2 Rumus perkiraan Berat Badan
Usia
Berat Badan (kg)
Lahir
3.25
03-12 bulan
(Usia (bl) + 9) : 2
01-06 bulan
(Usia (th) x 2 + 8)
06-12 tahun
(Usia (th) x 7- 5) : 2

2.1.7        Mengenal ASI Eksklusif
Yang dimaksud dengan ASI ekslusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih, sampai bayi berumur 6 bulan (Sri Purwanti, 2004)
Selama kondisi bayi sehat, bayi tidak memerlukan air tambahan atau susu formula. Pemberian minuman tambahan (susu formula, air, dsb) hanya akan mengurangi nafsu minum si bayi, sehingga payudara tidak cukup terangsang untuk mengeluarkan ASI, dan berakibat berkurangnya suplai ASI (Ana Fitria, 2007)
WHO dan UNICEF merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk memulai dan mencapai ASI eksklusif :
1.      Menyusui dalam 1 jam setelah kelahiran
2.      Menyusui secara eksklusif : hanya ASI. Artinya, tidak ditambah makanan atau minuman lain bahkan air putih sekali pun
3.      Menyusui kapanpun bayi meminta (on-demand), sesering yang bayi mau siang dan malam
Langkah-langkah penting untuk keberhasilan ASI eksklusif, yaitu :
1.      Mempersiapkan payudara (dengan massage misalnya)
2.      Mempelajari ASI dan tata laksana menyusui
3.      Menciptakan dukungan keluarga, teman dan sebagainya
4.      Memilih tempat melahirkan yang sayang bayi atau mendukung program ASI eksklusif dan tidak sembarangan memberikan susu formula
5.      Memilih tenaga kesehatan yang mendukung pemberian ASI eksklusif
6.      Konsultasi ke klinik laktasi dan konsultan laktasi bila menemukan masalah dalam menyusui
7.      Menciptakan sifat positif tentang ASI dan menyusui (Roesli, 2007)

2.1.8        Anjuran Pemberian ASI hingga 2 tahun
Setelah ASI eksklusif 6 bulan bukan berarti pemberian ASI dihentikan. Seiring dengan pengenalan makanan kepada bayi, pemberian ASI tetap dilakukan, sebaiknya menyusui 2 tahun menurut rekomendasi WHO (Ana Fitria, 2007).
Menyusui dengan ASI sampai dengan usia anak mencapai 2 tahun masih mampu memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, 45 % kebutuhan akan vitamin A dan 90 % kebutuhan akan vitamin C (Ana Fitria, 2007).
Pemberian ASI hingga 2 tahun di dasarkan pada :
1.      Kepmenkes RI No. 450/Menkes/IV/2004
Tentang pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusifpada bayi Indonesia.
2.      Rekomendasi badan kesehatan dunia (WHO)
Pemberian ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan. Selanjutnya, ASI diberikan selama mungkin sampai anak berusia 2 tahun atau lebih.

2.2    Penyapihan
2.2.1        Pengertian
Menyapih adalah suatu proses berhentinya masa menyusui secara berangsur-angsur atau sekaligus (Ana Fitria, 2007). Proses tersebut dapat disebabkan oleh berhentinya sang anak dari menyusu ibunya atau bisa juga berhentinya seorang ibu untuk menyusui anaknya atau bisa juga keduanya. Masa menyapih ini merupakan pengalaman emosional bagi sang ibu, anak, juga sang ayah. Karena ketiga pihak tersebut merupakan ikatan kesatuan yang tidak boleh di lupakan ( http://asuhan.wikia.com/wiki/menyapih)
WHO (World Health Organization) merekomendasikan penyapihan dilakukan setelah bayi berusia 2 tahun. Pada usia ini anak sudah mempunyai pondasi kuat bagi perkembangan selanjutnya. Penyapihan anak 2 tahun dilakukan demi perkembangan maupun psikologis anaknya, seperti:
1.      Mengembangkan pengenalan aneka ragam rasa dan tekstur makanan. Hal ini berpengaruh pada perkembangan intelektualitasnya karena daya ingatnya akan menyimpan informasi mengenai berbagai rasa dan tekstur makanan.
2.      Memperbanyak latihan mengunyah makanan padat agar gigi dan rahangnya berkembang optimal
3.      Anak dilatih untuk mandiri karena tidak bergantung pada ASI setiap kali anak lapar atau haus.

2.2.2        Dampak Penyapihan Dini
1.      Meningkatkan Risiko gejala pernafasan.
2.      Meningkatkan resiko obesitas (Http://www.info-sehat.com).
3.      Menyebabkan hubungan anak dan ibu berkurang keeratannya karena proses bounding etatman terganggu.
4.      Insiden penyakit infeksi terutama diare meningkat.
5.      Pengaruh gizi yang menyebabkan malnutrisi pada anak.
6.      Mengalami reaksi alergi yang menyebabkan diare, muntah, ruam dan gatal-gatal karena reaksi dari sistem imun ( Hegar Badriul, 2006).

2.2.3        Proses Penyapihan
Permulaan proses penyapihan adalah merupakan permulaan perubahan besar bagi bayi dan ibunya. Hubungan yang sangat erat antara ibu dan bayi, yang dimulai dalam rahim ibu dan dilanjutkan setelah bayi lahir, mulai melemah dan ini harus merupakan proses yang berjalan secara perlahan. Pada beberapa daerah, seringkali pemberian ASI dihentikan secara tiba-tiba bila ibu menjadi atau merasa hamil lagi. Masalah yang lebih serius akan terjadi bila bayi dipisahkan dari ibunya dan dikirim untuk dipelihara oleh kakek neneknya atau saudara orang tuanya. Pengaruh psikologi dan gizi dan praktik semacam ini dapat sangat berbahaya bagi anak yang masih sangat muda (Muchtadi, 2002).
Penyapihan adalah masa berbahaya bagi bayi dan anak kecil. Telah diketahui bahwa terdapat resiko infeksi yang lebih tinggi, terutama penyakit diare, selama proses penyapihan ini dibandingkan dengan masa sebelumnya dalam kehidupan bayi. Hal ini disebabkan karena terjadi perubahan konsumsi ASI yang bersih dan mengandung faktor anti infeksi. Menjadi makanan yang seringkali disiapkan, disimpan dan diberikan pada anak dengan cara yang tidak higienis (Muchtadi, 2002).
Ada 2 metode penyapihan yang bisa ibu lakukan, yaitu :
1.      Metode seketika
Umumnya dilakukan pada keadaan terpaksa. Misalnya pada ibu mendadak sakit atau pergi jauh. Jika memilih metode ini yang harus dilakukan adalah:
                   -            Mengkomunikasikan situasi yang terjadi pada anak (terutama untuk anak satu tahun keatas).
                   -            Untuk memberikan minuman selain ASI tunggulah anak sampai merasa haus dan lapar. Karena biasanya ia bisa menerima minuman tersebut dalam kondisi lapar.
                   -            Alihkan perhatian anak dengan mainan yang ia suka sambil memberinya makan dan minum.
                   -            Beri susu formula yang rasanya mendekati ASI. Hadirkan sosok pengganti ibu yang dapat membuat anak merasa nyaman, walau ibu tidak berada disisinya.
2.      Metode bertahap
Metode bertahap dibagi menjadi dua yaitu:
   -            Natural weaning (penyapihan alami)
Disini ibu tidak memaksa anak untuk berhenti namun mengikuti tahap perkembangan anak. metode ini adalah kesiapan mental ibu dan dukungan suami. Ayah juga harus berperan sebagai sosok yang memberikan kenyamanan selain ibu, anak bermain (Http://resep-resep-iyra.blogspot.com/2008/01/menyapih.html).
   -            Mother led weaning
Ibu menentukan saat menyapih anak. Yang dibutuhkan pada metode ini adalah kesiapan mental ibu dan dukungan suami. Ayahbjuga harus berperan sebagai sosok yang memberikan kenyamanan selain ibu, dengan cara mengajak anak bermain (Http://resep-resep-iyra.blogspot.com/2008/01/menyapih.html)

2.2.4        Bahan makanan Sapihan
Bahan yang dipilih untuk membuat makanan sapihan sebaiknya mudah didapat, harganya murah, paling sering dimakan, sebaiknya diramu dengan resep lokal (Arisman, 2004).

2.2.5        Makanan sapihan yang ideal harus mengandung :
1.      Makanan pokok (pangan yang paling banyak dikonsumsi oleh keluarga, biasanya makanan yang mengandung tepung, gandum, kentang, maizena)
2.      Kacang, sayuran berdaun hijau atau kuning
3.      Buah
4.      Daging hewan
5.      Minyak atau lemak
Bahan ini dibuat menjadi bubur untuk kemudian sebagai peneman ASI, disuapkan kepada bayi.

Tabel 2.3 Pola campur makanan Sapihan
Pola campur makanan sapihan
1.      Campuran sederhana
Makanan pokok + kacang-kacangan, atau
Makanan pokok + hewan, atau
Makanan pokok + sayuran
2.      Campuran majemuk
a.       Menggunakan tiga bahan
Makanan pokok + kacang-kacangan + hewan, atau
Makanan pokok + kacang-kacangan + sayuran, atau
Makanan pokok + hewan + sayuran
b.      Menggunakan empat bahan
Makanan pokok + kacang-kacangan + hewan + sayuran
     (Arisman, 2004).

2.2.6        Tips-tips agar proses menyapih berjalan dengan baik :
1.      Lakukan proses penyapihan secara berlahan. Misalnya mengurangi secara bertahap frekuensi menyusui.
2.      Alihkan perhatian anak/sibukkan anak dengan hal lain. Dengan membacakan buku keanak, bermain, bernyanyi, dan sebagainya, hingga anak melupakan saat menyusui.
3.      Kunci utama : Bina komunikasi yang baik dengan anak.
4.      Hindari menyapih pada saat anak sedang tidak sehat atau sedang sedih, kesal, marah.
5.      Hindari menyapih anak dari menyusu kebenda lain seperti empeng, botol susu, bantal dan sebagainya.
6.      Biasanya disini peran ayah sangat dibutuhkan sebagai figur yang melengkapi sang ibu. Sekali lagi bina komunikasi baik dengan anak.
7.      Hindari menyapih secara mendadak

2.3    Makanan Tambahan
Makanan pelengkap atau tambahan adalah makanan lain yang diberikan selain ASI. Pengenalan makanan tmbahan dilakukan secara bertahap. Setelah bayi lahir diharapkan ibu memberikan ASI sampai usia bayi 2 tahun. Perkenalan dan pemberian makanan lain selain ASI (makanan pendamping ASI) pada umumnya diberikan kepada bayi setelah bayi berusia 6 bulan (Soetjiningsih, 1997).
Saat itulah dimana pertumbuhan dan peningkatan aktifitas memerlukan tambahan nutrien Setelah bayi berusia 2 tahun, ASI sepenuhnya akan digantikan oleh makanan sehari-hari. Asi hanya dibutuhkan sekali-kali saja sebagai kenyamanan.
Panduan pemberian makanan tambahan, petunjuk dari Departement Of Nutrition for Healt and Development, WHO :
-          Berikan ASI ekslusif sampai bayi berusia 6 bulan
-          Berikan makanan tambahan pada bayi usia 6 bulan
-          Berikan ASI selama 2 tahun atau lebih
-          Berikan tambahan makanan yang :
·         Berkalori tinggi dan kaya zat nutrisi
·         Bersih dan aman bagi bayi
·         Dirancang dari makanan keluarga serta mempergunakan makanan lokal yang mudah diperoleh
·         Makanan tambahan diberikan 3x sehari pada saat bayi berusia 6 – 7 bulan dan ditingkatkan menjadi 5x sehari saat berusia 12 bulan(Pujiarto, 2005)

2.4    Alasan Ibu Melakukan Penyapihan Anak Kurang dari 2 tahun
2.4.1        Pengetahuan
Pengetahuan adalah hasil tahu dan ini terjadi setelah orang melakukan pengindraan terhadap suatu objek tertentu. Pengindraan terjadi melalui panca indra manusia, yakni : indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rada, dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Pengetahuan kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbantuknya tindakan seseorang (overt behaviour). Penelitian Regers (1974) mengungkapkan bahwa perubahan perilaku tidak selalu melewati 5 tahap yaitu : Awareness (kesadaran), Interest (merasa tertarik), Evaluation (menimbang-nimbang), Trial (mencoba), serta Adoption (subjek telah berperilaku baru).
Apabila penerimaan perilaku baru atau adopsi perilaku melalui proses seperti ini, dimana didasari oleh pengetahuan, kesadaran dan sikap positif maka perilaku tersebut akan bersifat langgeng (long lasting). Sebaliknya apabila perilaku itu tidak didasari oleh pengetahuan dan kesadaran akan tidak berlangsung lama.
Pengetahuan ini dicakup dalam domain kognitif dan mempunyai 6 tingkat, yaitu :
1.      Tahu (know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi yang telah dipelajari sebelumnya. Termasuk kedalam pengetahuan tingkat ini adalah mengingat kembali (recall) terhadap suatu ang spesifik dari seluruh bahan yang dipelajari atau rangsangan yang telah diterima.
2.      Memahami (comprehension)
Adalah sebagai suatu kemampuan menjelaskan secara benar tentang objek yang diketahui, dan dapat menginterprestasi materi tersebut secara benar. Orang yang telah paham terhadap objek atau materi harus dapat menjelaskan, menyebutkan contoh, menyimpulkan, meramalkan dan sebagainya terhadap objek yang dipelajari.
3.      Aplikasi (application)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk menggunakan materi yang telah dipelajari pada situasi atau kondisi riil (sebenarnya). Aplikasi disini dapat diartikan aplikasi dalam konteks atau situasi yang lain.
4.      Analisis (analysis)
Analisis adalah suatu kemampuan untuk menjabarkan materi atau suatu objek ke dalam komponen-komponen, tetapi masih dalam suatu struktur organisasi tersebut, dan masih ada kaitannya satu sama lain. Kemampuan analisis ini dapat dilihat dari penggunaan kata-kata kerja : dapat menggambarkan (membuat bagan), membedakan, memisahkan, mengelompokkan, dan sebagainya.
5.      Sintesis (synthesis)
Sintesis menunjukkan pada suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian dalam suatu bentuk keseluruhan yang baru.
Dengan kata lain sintesis itu suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru terhadap suatu teori atau rumusan-rumusan yang telah ada.
6.      Evaluasi (evaluation)
Evaluasi ini berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan justifikasi atau penilaian terhadap suatu materi atau objek. Penilaian-penilaian itu berdasarkan suatu kriteria yang ditentukan sendiri, atau menggunakan kriteria-kriteria yang telah ada. Misalnya : dapat membandingkan anak-anak yang cukup gizi dengan anak yang kekurangan gizi, dapat menanggapi terjadinya wabah diare di suatu tempat, dapat menafsirkan sebab ibu tidak mau KB, dan sebagainya. (Notoatmodjo, 2007)
ASI yang keluar dalam hari pertama (kolostrum) banyak mengandung zat anti yang diperlukan oleh bayi untuk pertahanan terhadap berbagai penyakit. Namun sebagaian ibu yang sengaja tidak memberikan kolostrum tersebut oleh karena penampilan yang encer, kekuningan dan jumlahnya hanya sedikit, sehingga dianggap tidak baik dan tidak cukup untuk diberikan kepada bayi, hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan ibu tentang manfaat ASI khususnya kolostrum (Sastroasmoro, 2007).
Kurangnya pengertian dan pengetahuan tentang manfaat ASI dan menyusui menyebabkan ibu-ibu mudah terpengaruh dan beralih kepada susu formula. (MHD Arifin Siregar, 2004).

2.4.2        Pendidikan
Ki Hajar Dewantara mengartikan pendidikan sebagai daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup, yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
Menurut Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Pranata Komputer, badan Pusat Statistik, jakarta – Indonesia, 2004. Pengertian pendidikan adalah suatu proses belajar mengajar dalam bidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional, yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan yang telah diakreditasi oleh lembaga yang berwenang. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang dan terdiri atas SD, SLTP, SLTA dan Perguruan tinggi. Pendidikan non formal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang (Badan Pusat Statistik, 2004).
Kesehatan/status gizi bayi/anak serta kelansungan hidupnya akan lebih baik pada ibu-ibu yang berpendidikan rendah, hal ini karena seorang ibu yang berpendidikan tinggi akan memiliki pengetahuan yang luas serta kemampuan untuk menerima informasi lebih tinggi (Arifin Siregar, 2004).
Apabila dilihat dari pendidikannya ternyata 75 % dari ibu-ibu yang berpendidikan tamat SD telah memberikan makanan pendamping ASI yang terlalu dini pada bayi. Berbagai alasan dikemukakan oleh ibu-ibu mengapa keliru dalam menunjang, ibu bekerja, keinginan untuk disebut modern dan pengaruh iklan atau promosi pengganti ASI dan tidak kalah pentingnya adalah anggapan bahwa semua orang sudah memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan ASI (Arifin Siregar, 2004).

2.4.3        Pekerjaan
Pekerjaan adalah setiap kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa bagi diri sendiri atau orang lain, baik orang yang melakukan dibayar atau tidak. Suatu program pemberian ASI pada pekerja wanita mempunyai dampak positif tidak hanya untuk pekerja tersebut tetapi juga untuk keluarganya, masyarakat dan terutama untuk organisasi/perusahaan dimana wanita/ibu bekerja. Dan untuk keberhasilan program ASI bagi pekerja wanita perlu adanya dukungan dari semua pihak khususnya pihak manajemen (Pusat Kesehatan Kerja Depkes RI, 2004)
Banyak ibu yang melakukan penyapihan lebih dini karena alasan-alasan tertentu. Seperti keterbatasan waktu karena ibu harus bekerja atau karena produksi asi yang tidak lancar atau anak tidak mau disapih. Namun ibu yang bekerja cenderung melakukan penyapihan lebih cepat (www.perempuan.com/all_right reserved, 2008)

2.4.4        Ekonomi
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran (Wikipedia Indonesia, 2007)
Sebenarnay tidak ada sebab yang masuk akal untuk memutuskan untuk tidak menyusui. Orang kaya memang mampu membayar ratusan kaleng susu sebagai pengganti air susu ibu, namun kelebihan ASI tidak terbayar dengan uang. Apalagi ibu yang miskin, selain menyehatkan anak, memilih menyusui juga sebagai sebuah penghematan yang tidak kecil (Nadesul, 2007).
Ekonomi dalam penelitian ini adalah menyangkut penghasilan dan menurut Susenas, Badan Pusat Statistik (2006) diklasifikasikan sebagai berikut :
1.      Rendah, bila penghasilan keluarga rata-rata perbulan Rp. 500.000,00.
2.      Sedang, bila penghasilan keluarga rata-rata perbulan Rp. 500.000,00 s.d. Rp.800.000,00.
3.      Tinggi, bila penghasilan rata-rata keluarga perbulan > Rp. 800.000,00.

2.5    Variabel bebas dan Variabel terikat
Pada penelitian ini digunakan variabel yaitu Gambaran penyapihan anak kurang dari 2 tahun di desa Y Kecamatan X dilihat dari segi Pengetahuan, Pendidikan, Pekerjaan, Cara Penyapihan, dan status gizi.
Dari uraian tinjauan pustaka dapat dibuat kerangka konsep sebagai berikut :

Variabel Terikat/Independen                                       Variabel Bebas/Dependen

 
 







Gambar 2.1          Kerangka Konsep Penelitian Gambaran Panyapihan Anak Kurang Dari 2 tahun.




  BAB III
KERANGKA KONSEPTUAL
3.1    Kerangka Konseptual penelitian
Kerangka konseptual adalah suatu abstrak , logical secara arti harfiah dan akan membantu peneliti dalam menghubungkan hasil penemuan dengan body of knowledge. (Nursalam dan pariani 2000 : 31)
Faktor yang mempengaruhi ibu menyapi anaknya
        -            Pendidikan
        -            Pekerjaan
        -            Ekonomi
        -            Pengetahuan


 
 

Text Box: Karakteristik anak yang di sapih                                                                                                


Gambaran ibu tentang penyapihan anak dibawah umur 2 tahun
 
 











Keterangan :

                                 : Diteliti

 

`                                : Tidak diteliti

Gambar 2.1     Kerangka Konsep gambaran ibu melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun

Populasi
Ibu – ibu  yang melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun di Desa Y Kecamatan X
Sample
Ibu – ibu  yang melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun di Desa Y Kecamatan X

Sampling
Total sampling 50 ibu
Pengumpulan Data
kuisioner
Analisa Data
Hasil Penelitian
Simpulan dan Saran
 























Gambar 4.1     Kerangka Penelitian Gambaran Ibu melakukan Penyapihan anak kurang dari 2 tahun

4.4    Deskripsi Populasi dan Sampel
4.4.1        Deskripsi Populasi Peneliti
Menurut Arikunto (1997) Populasi adalah “keseluruhan subyek penelitian”, populasi dalam penelitian adalah Ibu-ibu yang melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun di desa Y Kec. X berjumlah 50 orang.

4.4.2        Deskripsi Sampel Penelitian
Sampel menurut Notoatmodjo (2002) adalah sebagai yang diambil dari keseluruhan yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi, apabila subjek penelitian atau populasi kurang dari 100 maka lebih baik sampel diambil semua, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pada saat penelitian maka dalam penelitian ini populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 50 orang.

4.5    Identifikasi dan Definisi Operasional Variabel
Variabel adalah ukuran atau ciri yang dimiliki oleh anggota – anggota suatu kelompok yang lain (Notoadmodjo,2007 : 70). Variabel dalam penelitian ini adalah ibu melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun

4.6    Devinisi Operasional Variabel
Definisi operasional adalah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut sehingga memungkinkan peneliti untuk melakukan observasi atau pengukuran secara cermat terhadap suatu objek atau fenomena yang kemudian dapat di ulang lagi oleh orang lain (Nursalam dan Siti Pariani,2002 : 44)
Penyapihan adalah

4.7    Pengumpulan Data dan Analisis Data
4.7.1        Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian atau alat ukur adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hasilnya lebih baik, dalam arti lebih cermat, lengkap dan sistematis, sehingga lebih mudah diolah (Arikunto, 2002).
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner, yaitu suatu cara pengumpulan data atau suatu penelitian mengenai suatu masalah yang umumnya banyak menyangkut kepentingan, dalam hal ini digunakan angket berbentuk pilihan dengan jawaban yang telah disediakan.

4.7.2        Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Tahap Persiapan
Tahap persiapan ini berisi beberapa kegiatan meliputi pembuatan suatu rencana kuesioner, lalu rancangan itu disetujui oleh pembimbing langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Pre survey
2.      Menyusun alat ukur
3.      Mengajukan proposal penelitian
4.      Mengajukan izin penelitian
Berdasarkan uraian diatas, maka pembuatan kuesioner sesuai dengan aspek definisi operasional.
b.      Tahap Pelaksanaan
Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, dengan melalui tahapan sebagai berikut : Menyebabkan kuesioner untuk pengumpulan data kepada responden dengan melibatkan kader.
c.       Tahap Pengolahan Data
Setelah data yang diperlukan dalam penelitian ini terkumpul, maka dilakukan tahap pengolahan data melalui beberapa tahap.
4.7.3        Analisis Data
1.      Editing
Mengedit adalah memeriksa daftar pertanyaan yang telah diserahkan oleh para pengumpul data. Tujuan dari pada editing adalah untuk mengurangi kesalahan atau kekurangan yang ada di dalam daftar pertanyaan yang sudah diselesaikan sampai sejauh mungkin
2.      Coding
Peneliti akan mengklasifikasikan jawaban-jawaban dari para responden kedalam kategori-kategori dan biasanya dilakukan dengan cara memberi tanda atau kode berbentuk tanda atau kode berbentuk angka pada masing-masing jawaban.
3.      Tabulating
Data yang sudah diberikan kode kategori jawaban kemudian dimasukkan dalam tabel.
4.      Analiting
Pengolahan dan analisis data dilakukan secara manual dengan menggunakan cara sebagai berikut:

Keterangan :
P                         : Persentase
                         : Frekuensi
n                          : Jumlah responden
100                     : Bilangan Tetap

Untuk memberikan predikat atau kategorisasi dalam penelitian ini maka peneliti membagi empat kategori yaitu baik, cukup, kurang baik, dan tidak baik. Hal ini berdasarkan pendapat Arikunto (1998: 246) bahwa untuk penentuan kategori penelitian dinilai sebagai berikut:
1.      76-100%, jika pertanyaan yang dijawab benar oleh responden termasuk kategori baik
2.      56-75%, jika pertanyaan yang dijawab benar oleh responden termasuk kategori cukup.
3.      40-55%, jika pertanyaan yang dijawab benar oleh responden termasuk kategori kurang baik.
4.      Kurang dari 40%, jika pertanyaan yang dijawab benar oleh responden termasuk kategori tidak baik.

BAB IV
METODE PENELITIAN
4.1    Desain Penelitian
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Menurut Notoatmodjo(2005), penelitian deskriptif adalah “suatu metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif”. Dalam penelitian ini dimaksud untuk mendapatkan gambaran mengenai penyapihan anak kurang dari 2 tahun di desa Y Kecamatan X

4.2    Waktu dan Tempat Penelitian
Gambaran ibu melakukan penyapihan anak kurang dari 2 tahun di Desa Y Kecamatan X pada bulan April - Mei 2013

4.3    Kerangka Penelitian
Kerangka penelitian adalah kesimpulan yang bersifat sementara dari tinjauan teoritis yang mencerminkan hubungan antar variabel yang sedang diteliti. Menurut Sugiyono (2004 : 49) kerangka konseptual merupakan sintesa tentang hubungan antar variabel yang disusun dari berbagai teori yang telah dideskripsikan.


DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta. Jakarta. 2002.
Depkes RI. 1996. Peran Serta Masyarakat Panduan Bagi Petugas. Jakarta
Depkes RI.Asuhan Kesehatan Anak Dalam Konteks Keluarga. Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Depkes RI. Jakarta. 1998.
Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta. 2002
Soetjingsih, ASI Petunjuk Untuk Tenaga Kesehatan. EGC. Jakarta. 1997.
(Nursalam dan pariani 2000 : 31)
http://thesis.blogdetik.com/2010/12/11/kerangka-konseptual-adalah/ di akses pada tanggal 9 april 2013 pukul 23.08
www.wikipedia.com, diakses pada tanggal 4 april 2013 pukul 19.00


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar