Sabtu, 08 Februari 2014

Macam macam vitamin

A.         Vitamin
Vitamin adalah sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.
Terdapat 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat).
1.    Vitamin A (retinol),
Vitamin berperan dalam pembentukan indra penglihatan yang baik, terutama di malam hari, dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina.
Makanan yang banyak mengandung vitamin A, antara lain: susu,ikan, sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning), buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning, seperti cabai merah, wortel, pisang, dan pepaya).
2.    Vitamin B secara umum berperan penting dalam metabolisme di dalam tubuh, terutama dalam hal pelepasan energi saat beraktivitas dan berperan dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit). Golongan Vitamin B:
a.         Vitamin B1 (tiamin), salah satu jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengkonversi karbohidrat menjadi energi yang diperlukan tubuh untuk rutinitas sehari-hari.
b.        Vitamin B2 (riboflavin) banyak berperan penting dalam metabolisme di tubuh manusia Serta pembentukan molekul steroid, sel darah merah, dan glikogen, serta menyokong pertumbuhan berbagai organ tubuh, seperti kulit, rambut, dan kuku.
c.         Vitamin B3  (niasin). Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme karbohidrat untuk menghasilkan energi, metabolisme lemak, dan protein.
d.        Vitamin B5 (asam pantotenat) banyak terlibat dalam reaksi enzimatik di dalam tubuh yang berperan besar dalam berbagai jenis metabolisme, seperti dalam reaksi pemecahan nutrisi makanan, terutama lemak.
e.         Vitamin B6 (piridoksin), vitamin yang esensial bagi pertumbuhan tubuh. Yang berperan sebagai salah satu senyawa koenzim A yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi melalui jalur sintesis asam lemak, seperti spingolipid dan fosfolipid.
f.         Vitamin B12 (sianokobalamin) merupakan jenis vitamin yang hanya khusus diproduksi oleh hewan dan tidak ditemukan pada tanaman.
3.    Vitamin C (asam askorbat),
Vitamin C banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, vitamin C juga berperan sebagai senyawa pembentuk kolagen yang merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya.
4.    Vitamin D,
Vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani, antara lain ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju.
Selain itu, berperan dalam membantu metabolisme kalsium dan mineralisasi tulang. Sel kulit akan segera memproduksi vitamin D saat terkena cahaya matahari (sinar ultraviolet). Bila kadar vitamin D rendah maka tubuh akan mengalami pertumbuhan kaki yang tidak normal, dimana betis kaki akan membentuk huruf O dan X. Serta gigi akan mudah mengalami kerusakan dan otot pun akan mengalami kekejangan.
5.    Vitamin E,
Berperan dalam menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati. Selain itu, vitamin ini juga dapat melindungi paru-paru manusia dari polusi udara.

6. Vitamin K, banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. Defisiensi vitamin ini akan berakibat pada pendarahan di dalam tubuh dan kesulitan pembekuan darah saat terjadi luka atau pendarahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar