Sabtu, 08 Februari 2014

ANTIBIOTIKA

A.           ANTIBIOTIKA
1.    Pengertian
Antibiotika adalah segolongan senyawa, baik alami maupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.
2.    Penemuan Antibiotika
Penemuan antibiotika terjadi secara 'tidak sengaja' ketika Alexander Fleming, pada tahun 1928, lupa membersihkan sediaan bakteri pada cawan petri dan meninggalkannya di rak cuci sepanjang akhir pekan. ketika cawan petri tersebut akan dibersihkan, ia melihat sebagian kapang telah tumbuh di media dan bagian di sekitar kapang 'bersih' dari bakteri yang sebelumnya memenuhi media.
Ternyata bakterinya adalah Penicillium chrysogenum syn. P. notatum (kapang berwarna biru muda ini mudah ditemukan pada roti yang dibiarkan lembap beberapa hari). Dari ekstrak itu ia diakui menemukan antibiotik alami pertama: penicillin G.

3.    Macam-macam Antibiotika
Antibiotika dapat digolongkan berdasarkan sasaran kerja senyawa tersebut dan susunan kimiawinya. Ada enam kelompok antibiotika dilihat dari target atau sasaran kerjanya:
a.       Inhibitor sintesis dinding sel bakteri, mencakup golongan Penisilin, Polipeptida dan Sefalosporin, misalnya ampisilin, penisilin G;
b.      Inhibitor transkripsi dan replikasi, mencakup golongan Quinolone, misalnya rifampisin, aktinomisin D, asam nalidiksat;
c.       Inhibitor sintesis protein, mencakup banyak jenis antibiotik, terutama dari golongan Makrolida, Aminoglikosida, dan Tetrasiklin, misalnya gentamisin, kloramfenikol, kanamisin, streptomisin, tetrasiklin, oksitetrasiklin, eritromisin, azitromisin;
d.      Inhibitor fungsi membran sel, misalnya ionomisin, valinomisin;
e.       Inhibitor fungsi sel lainnya, seperti golongan sulfa atau sulfonamida, misalnya oligomisin, tunikamisin; dan
f.       Antimetabolit, misalnya azaserine.
Obat antibiotika untuk ibu hamil dan menyusui biasanya:
-          Amoxicillin                             -  Cefatriaxone
-          Cefadroxil                               -  Penicillin
-          Cefazolin                                 -  Tetracyclin
Obat-obat ini digunakan dengan indikasi yang jelas. Jika tidak benar-benar diperlukan sebaiknya ibu hamil membatasi konsumsi. Masa krusial yang perlu di waspadai dalam mengonsumsi obat antibiotik padatrimester petama kehamilan. Obat antibiotik golongan kuinolon harus di hindari ibu hamil karena berpotensi menyebabkan kecacatan.
4.    Penggunaan Antibiotika
Karena biasanya antibiotika bekerja sangat spesifik pada suatu proses, mutasi yang mungkin terjadi pada bakteri memungkinkan munculnya strain bakteri yang 'kebal' terhadap antibiotika. Itulah sebabnya, pemberian antibiotika biasanya diberikan dalam dosis yang menyebabkan bakteri segera mati dan dalam jangka waktu yang agak panjang agar mutasi tidak terjadi. Penggunaan antibiotika yang 'tanggung' hanya membuka peluang munculnya tipe bakteri yang 'kebal'.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar